Penggunaan Gadget Pada Anak Perlu Diawasi Sejak Dini

Mahasiswa KKN memberikan penyuluhan kepada orang tua murid PAUD Bintang Langit

Tak dipungkiri, perkembangan teknologi terus maju. Penggunaan gadget saat ini tak terbatas untuk orang tua saja, anak-anak pun telah mahir memainkan gadget terutama ponsel. Gadget dapat dikatakan sebagai pedang bermata dua, ia memiliki manfaat bila digunakan dengan baik dan bijak. Namun, ia juga berdampak serius bila penggunaannya melebihi batas. Terlebih bila anak-anak yang memakainya, mereka belum dapat mengontrol penggunaannya. Bedasarkan keadaan di mana anak telah mengenal gadget sejak dini, Lisa Adelin dari tim II KKN Undip 2019 melaksanakan program “Pelatihan Mengawasi dan Mendampingi Penggunaan Gadget untuk Anak” yang dilaksanakan di PAUD Bintang Langit, Desa Kedungbanjar, Pemalang (2/8).

Dalam pelatihan, orang tua murid diberikan pengertian mengenai bahaya kecanduan gadget bagi anak terlebih pada masa emas anak pada 0-5 tahun yang akan berdampak pada masa depannya. Tak hanya bahaya, namun orang tua juga diedukasi dengan solusi yang dapat diterapkan pada anak serta cara pencegahan sejak dini agar tidak terlambat untuk menanganinya. Bentuk pecegahan yang dilakukan salah satunya adalah dengan mengaktifkan mode pengawasan pada google search dan youtube yang diterapkan langsung pada smartphone orang tua murid.

Pelatihan yang dihadiri oleh 43 orang tua murid tersebut berlangsung interaktif dan dilanjutkan oleh berdiskusi oleh pemateri. Pada akhir program, dilaksanakan pembagian sticker untuk orang tua murid serta penyerahan x-banner dan poster infografis kepada kepala sekolah PAUD Bintang Langit. Dengan adanya media x-banner dan infografis yang diletakan di PAUD, orang tua yang menunggui anaknya dapat terpapar informasi lebih mengenai penggunaan gadget bagi anak.

Dengan demikian, pelatihan dan penyuluhan program pendampingan bagi orang tua untuk mengawasi penggunaan gadget pada anak ini, diharapkan mampu menjadi awal untuk pencegahan penggunaan gadget yang berlebihn dan membawa dampak negatif sedini mungkin.

Oleh :
Lisa Adelin - Mahasiswa KKN Undip 2019

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*